+62 878-6274-7444

info@webpanda.id

Permohonan Online

Anda dapat mengajukan secara permohonan online

Produk Warga

Jelajahi produk lokal buatan dari para warga kami untuk Anda

Lapor/Aduan/Saran

Anda dapat melaporkan aduan dan memberi saran maupun kritik

Berlibur di Desa Wisata Kemutug Lor, Anda akan merasakan keindahan alam yang masih alami serta kearifan lokal yang kental. Terletak di bawah lereng Gunung Slamet, desa ini menawarkan beragam atraksi budaya, alam, religi, kuliner, dan kerajinan yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan terletaknya Desa Kemutug Lor di sekitar hutan lindung di lereng Gunung Slamet, desa ini menjadi desa yang sangat cocok untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang masih asri dan alami akan memanjakan mata Anda. Anda dapat menikmati udara segar, panorama hijau perbukitan, dan sungai yang mengalir di sekitar desa.

Tak hanya itu, Desa Wisata Kemutug Lor juga menawarkan pengalaman budaya yang unik. Anda dapat mengunjungi berbagai rumah adat yang ada di desa ini dan menyaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Anda juga dapat belajar tentang kearifan lokal dan budaya tradisional yang masih dijaga dengan baik oleh warga desa.

Uniknya, Desa Kemutug Lor juga memiliki tempat ibadah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Agung Kemutug Lor, sebuah masjid yang memiliki arsitektur khas Jawa dan memberikan nuansa religi yang damai bagi para pengunjung.

Selain itu, kuliner khas Kemutug Lor juga tidak boleh dilewatkan. Anda bisa mencoba berbagai masakan tradisional dengan cita rasa yang khas, seperti nasi liwet, sate klewer, dan berbagai olahan hasil pertanian lokal yang segar dan lezat.

Tidak hanya itu, jika Anda mencari oleh-oleh khas dari desa ini, Desa Kemutug Lor juga terkenal dengan kerajinan anyaman bambunya. Anda dapat mengunjungi sentra kerajinan dan melihat proses pembuatan anyaman dengan tangan yang terampil.

Jadi, jika Anda ingin merasakan keindahan alam yang masih asri, kearifan lokal yang kental, dan menikmati berbagai atraksi budaya, alam, religi, kuliner, dan kerajinan, jangan lewatkan Desa Wisata Kemutug Lor. Kunjungi dan rasakan sendiri pesonanya yang memikat.

Pengenalan Desa Kemutug Lor Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama dalam Mencegah Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

Gambar Desa Kemutug Lor

Masalah yang Dihadapi Desa Kemutug Lor

Also read:
Membentang Sayap Perlindungan: Menjaga Anak-Anak dari Ancaman Eksploitasi di Desa Kemutug Lor
Anak yang Aman, Masa Depan yang Terjamin: Mewujudkan Keberlanjutan Perlindungan di Desa Kemutug Lor

Desa Kemutug Lor merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Desa ini dikenal sebagai kawasan wisata yang populer. Namun, di balik popularitasnya, desa ini juga menghadapi tantangan besar dalam mencegah eksploitasi anak.

Tingginya jumlah wisatawan yang mengunjungi Desa Kemutug Lor turut memunculkan masalah tersebut. Banyak dari mereka datang dengan maksud menikmati keindahan alamnya, namun tak jarang pula ada yang memanfaatkan situasi ini untuk eksploitasi anak.

Upaya Bersama dalam Mencegah Eksploitasi Anak

Pemerintah desa tidak tinggal diam menghadapi permasalahan ini. Mereka bekerjasama dengan instansi terkait, seperti kepolisian, organisasi kemasyarakatan, dan tokoh masyarakat dalam menyusun langkah-langkah mencegah eksploitasi anak.

Salah satu cara yang diambil adalah menyampaikan penyuluhan kepada wisatawan terkait bahaya eksploitasi anak serta pentingnya menjaga keamanan anak-anak di desa ini. Selain itu, pemerintah desa juga mendirikan pos pengamanan anak yang bertugas mengawasi aktivitas wisatawan dan memberikan perlindungan kepada korban eksploitasi.

Pemerintah desa juga melakukan pemantauan terhadap kegiatan wisatawan yang mencurigakan. Dalam hal ini, mereka berkolaborasi dengan kepolisian untuk melakukan patroli rutin dan mengidentifikasi individu-individu mencurigakan di kawasan desa ini.

Dengan upaya bersama ini, harapannya Desa Kemutug Lor dapat menjadi lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Pemerintah desa bertekad mencegah eksploitasi anak dan memastikan keamanan desa ini tetap terjaga.

Menghadapi Tantangan Besar: Kolaborasi dalam Mencegah Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

Potensi dan Keunikan Desa Kemutug Lor Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama dalam Mencegah Eksploitasi Anak di kemutug lor

Terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Desa Kemutug Lor memiliki keindahan alam yang memukau. Namun, desa ini juga menghadapi tantangan besar dalam mencegah eksploitasi anak di kawasannya.

Isu eksploitasi anak merupakan salah satu masalah serius yang mengkhawatirkan di Indonesia. Anak-anak rentan terhadap berbagai bentuk eksploitasi, seperti tenaga kerja anak, perdagangan manusia, dan pelecehan seksual. Oleh karena itu, langkah pencegahan harus dilakukan untuk melindungi hak-hak anak dan menjamin masa depan mereka yang cerah.

Di Desa Kemutug Lor, terdapat potensi dan keunikan yang dapat dimanfaatkan dalam menghadapi tantangan ini. Masyarakatnya memiliki kesadaran tinggi akan perlunya menjaga kesejahteraan anak-anak. Masyarakat, pemerintah daerah, dan organisasi non-pemerintah bekerja sama dalam merancang program-program pencegahan eksploitasi anak.

Program-program yang diterapkan di Desa Kemutug Lor berfokus pada pendidikan, kesadaran masyarakat, dan pemantauan perlindungan anak. Pendekatan holistik ini melibatkan peran sekolah, keluarga, dan komunitas dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan anak. Diharapkan, melalui kolaborasi ini, risiko eksploitasi anak di Desa Kemutug Lor dapat berkurang.

Selain itu, desa ini juga memanfaatkan potensi pariwisata alamnya. Peningkatan pendapatan melalui sektor pariwisata memberikan alternatif positif bagi anak-anak dan keluarga di desa tersebut. Program pengembangan ekonomi berkelanjutan dibangun untuk memberikan peluang ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat, sehingga anak-anak tidak perlu terlibat dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan usia dan tahap kehidupan mereka.

Pengertian Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama dalam Menangani Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

Sejarah Desa Kemutug Lor Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama dalam Mencegah Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

Desa Kemutug Lor, yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, menghadapi tantangan yang signifikan dalam menjaga anak-anak dari eksploitasi. Permasalahan ini menjadi salah satu hal yang serius dan mendapatkan perhatian dari masyarakat di desa dan instansi terkait di sana. Anak-anak adalah aset berharga yang perlu dilindungi dengan sebaik-baiknya.

Tantangan ini datang dari berbagai bentuk eksploitasi anak, seperti pekerjaan anak, perdagangan anak, dan juga penelantaran. Tingkat pendapatan yang rendah, kurangnya kesadaran mengenai hak-hak anak, serta akses terbatas terhadap pendidikan dan perlindungan menjadi faktor yang membuat anak-anak di Kemutug Lor terpapar risiko eksploitasi tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, telah dilakukan upaya bersama oleh masyarakat, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Masyarakat desa diberikan pemahaman mengenai hak-hak anak dan pentingnya pendidikan sebagai langkah awal dalam melindungi mereka dari eksploitasi. Pemerintah juga terlibat dalam menyediakan akses pendidikan yang lebih baik serta menegakkan undang-undang perlindungan anak.

LSM juga ikut berperan dengan memberikan program pelatihan keterampilan kepada orang tua dan anak-anak, sehingga ekonomi keluarga dapat membaik dan anak-anak tidak lagi terpaksa bekerja untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Selain itu, keberadaan lembaga yang memberikan perlindungan dan pelayanan bagi anak-anak korban eksploitasi juga merupakan langkah yang penting untuk mencegah dan mengatasi dampak eksploitasi tersebut.

Melalui kerjasama yang baik antara masyarakat, pemerintah, dan LSM, diharapkan bahwa eksploitasi anak di Kemutug Lor dapat diminimalisir. Dengan pemahaman dan tindakan nyata, anak-anak di Kemutug Lor dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman serta mendapatkan perlindungan yang mereka butuhkan. Ini adalah tantangan yang besar dan membutuhkan keterlibatan semua pihak untuk melindungi masa depan generasi muda serta menjamin hak-hak mereka terpenuhi.

Menghadapi Tantangan Besar: Bersama-sama Melawan Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

Pendidikan dan kecerdasan dalam Desa Kemutug Lor sedang menghadapi tantangan yang besar untuk mencegah eksploitasi anak. Terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, desa ini sedang berusaha melawan potensi bahaya yang mengancam anak-anak dengan usaha bersama.

Salah satu tujuan utama kami di tengah menghadapi tantangan besar ini adalah mencegah eksploitasi anak. Menggunakan berbagai bentuk seperti pekerja paksa, perdagangan anak, dan eksploitasi seksual, eksploitasi anak sangat mengancam. Keberadaannya telah membuat masyarakat, pemerintah, dan organisasi yang prihatin terhadap nasib anak-anak di Kemutug Lor menyatakan prioritas mereka dalam melawan eksploitasi anak ini.

Untuk melawan eksploitasi anak, kami percaya bahwa keterlibatan seluruh masyarakat merupakan langkah yang penting. Fokus dari program pemberdayaan masyarakat adalah meningkatkan kesadaran akan hak-hak anak dan pemahaman mengenai beragam bentuk eksploitasi. Melalui edukasi dan peningkatan literasi yang kami lakukan di desa ini, kami berharap anak-anak dan masyarakat secara luas dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai isu ini.

Selain itu, kami juga melibatkan pemerintah daerah dan lembaga terkait sebagai bagian dari upaya bersama dalam melawan eksploitasi anak. Kolaborasi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, dan kepolisian kami lakukan untuk meningkatkan pengawasan serta memberlakukan hukuman atas pelaku eksploitasi anak. Lebih jauh lagi, kami juga perlu mengembangkan kebijakan dan program perlindungan anak yang efektif agar anak-anak di Kemutug Lor dapat hidup dengan aman dan terbebas dari ancaman eksploitasi.

Untuk menghadapi tantangan yang besar ini, kolaborasi antara pemerintah, organisasi masyarakat, dan lembaga terkait menjadi kunci keberhasilan. Bersama-sama melawan eksploitasi anak di Kemutug Lor bukan hanya memberikan perlindungan kepada mereka, tetapi juga melindungi masa depan mereka. Dengan dukungan penuh dari semua pihak, kami berharap bahwa risiko eksploitasi anak dapat dikurangi sebanyak mungkin, dan anak-anak di Kemutug Lor dapat tumbuh menjadi generasi yang tangguh dan berkualitas.

Apakah Berhadapan dengan Tantangan Besar Membawa Manfaat? Upaya Bersama dalam Mengatasi Eksploitasi Anak di Kemutug Lor Yang Perlu Diketahui

Kesehatan dan Kesejahteraan di Desa Kemutug Lor Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama dalam Mencegah Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

Pengetahuan Penting tentang Perlindungan Anak

Di Desa Kemutug Lor, ada tantangan besar dalam melawan eksploitasi anak seperti perdagangan manusia, pornografi anak, dan penggunaan tenaga kerja anak. Untuk menangani masalah ini, adanya kerja sama dari seluruh komunitas sangat diperlukan. Memastikan anak-anak terlindungi dari eksploitasi adalah tanggung jawab bersama untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Penyuluhan dan Pendidikan

Langkah penting dalam mencegah eksploitasi anak di Kemutug Lor adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang hak-hak anak dan bahaya eksploitasi. Dengan menyediakan pendidikan dan penyuluhan kepada para orang tua, guru, dan anggota masyarakat lainnya, kita dapat membantu mengenali tanda-tanda eksploitasi anak dan mencegahnya dengan metode yang efektif.

Menguatkan Sistem Perlindungan Anak

Desa Kemutug Lor juga harus meningkatkan sistem perlindungan anak yang melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga sosial, dan organisasi non-pemerintah. Dengan bekerja sama dalam penerapan kebijakan dan program perlindungan anak yang komprehensif, kita dapat memastikan bahwa anak-anak di Kemutug Lor mendapatkan perlindungan yang efektif.

Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat juga memainkan peran penting dalam mencegah eksploitasi anak. Melalui program-program ekonomi berkelanjutan dan pelatihan keterampilan, masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Hal ini akan mengurangi tingkat kemiskinan dan mengurangi risiko eksploitasi anak di Kemutug Lor.

Dalam kesimpulannya, melindungi anak-anak dari eksploitasi adalah sebuah perjuangan bersama yang membutuhkan kerja sama dari seluruh komunitas di Desa Kemutug Lor. Dengan menyadari pentingnya perlindungan anak, penyuluhan, penguatan sistem perlindungan anak, dan pemberdayaan masyarakat, diharapkan akan tercipta lingkungan yang aman dan berkualitas bagi anak-anak di Kemutug Lor.

Ajaklah kita Sama-sama Menghadapi Tantangan Besar: Bersatu dalam Mencegah Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

Gambar Program Pendidikan dan Pelatihan di Desa Kemutug Lor Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama dalam Mencegah Eksploitasi Anak di kemutug lor

Wilayah Kemutug Lor, yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, sedang menghadapi permasalahan serius dalam menangani eksploitasi anak. Untuk mengatasi tantangan ini, sangatlah penting bagi kita semua untuk mengambil tindakan nyata dan meningkatkan pemahaman akan masalah ini.

Salah satu langkah yang amat penting adalah melaksanakan program pendidikan dan pelatihan di desa ini. Dengan program ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh pemahaman lebih dalam akan pentingnya melindungi anak-anak dari eksploitasi yang mungkin terjadi. Tingkatkan kesadaran mereka dan harapannya adalah agar mereka lebih peka terhadap situasi yang berkaitan dengan tindak eksploitasi anak.

Ada pula perlunya kerjasama yang baik diantara berbagai pihak yang ada di desa ini. Pemerintah desa, lembaga sosial, sekolah, maupun masyarakat harus bekerja bersama dalam menghadapi tantangan yang dihadapi. Dengan kerja sama yang serasi ini, akan terbentuk lingkungan yang aman bagi anak-anak. Kita perlu melibatkan semua pihak yang terlibat dalam upaya melawan eksploitasi anak, mulai dari keluarga, lingkungan sekolah, hingga masyarakat umum yang tinggal di desa ini.

Tak cukup hanya itu, pengetahuan kita tentang hak-hak anak juga perlu terus ditingkatkan. Untuk itu, perlunya penyuluhan dan kampanye edukatif yang rutin dilaksanakan untuk menyampaikan informasi yang tepat kepada masyarakat. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai isu ini, diharapkan akan tercipta tindakan nyata yang lebih banyak dalam melindungi anak-anak dari berbagai bentuk eksploitasi.

Menghadapi tantangan yang signifikan dalam mencegah eksploitasi anak di Desa Kemutug Lor adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan adanya program pendidikan dan pelatihan, kerja sama antara pihak-pihak yang terlibat, serta peningkatan pemahaman mengenai masalah ini, kita akan dapat melindungi hak-hak anak dan membentuk masa depan yang lebih baik bagi mereka.

Upaya Bersama Menangani Tantangan Perlindungan Anak di Kemutug Lor

Infrastruktur dan Aksesibilitas Desa Kemutug Lor Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama dalam Mencegah Eksploitasi Anak di kemutug lor

Kemutug Lor, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, sedang menghadapi tantangan serius dalam melindungi anak-anak dari eksploitasi. Namun, melalui kerja sama aktif berbagai pihak, sudah terlihat kemajuan yang signifikan dalam upaya mencegah tindakan eksploitasi di wilayah ini.

Salah satu faktor utama dalam melindungi anak-anak dari eksploitasi adalah infrastruktur dan aksesibilitas. Pemerintah dan organisasi non-pemerintah bekerja sama untuk memperbaiki infrastruktur di Desa Kemutug Lor, termasuk memperbaiki jalan, transportasi, dan membangun fasilitas umum. Hal ini memudahkan penduduk desa untuk mengakses layanan kesehatan, pendidikan, dan perlindungan anak yang memadai.

Sejumlah program sosial dan edukasi juga diluncurkan dengan tujuan mencegah eksploitasi anak. Program-program ini melibatkan seluruh komunitas, termasuk pemerintah desa, sekolah, organisasi masyarakat, serta orang tua dan wali murid. Meningkatkan kesadaran akan hak-hak anak dan memberikan pengetahuan serta keterampilan kepada anak-anak adalah fokus utama dari program ini, sehingga mereka dapat melindungi diri sendiri.

Kolaborasi dan koordinasi antara berbagai pihak sangat penting dalam menghadapi tantangan eksploitasi anak di Kemutug Lor. Keberhasilan mencegah eksploitasi anak tidak hanya tergantung pada satu pihak, melainkan melibatkan dukungan dari semua pihak terkait. Masyarakat, pemerintah, dan lembaga terkait harus bekerja bersama untuk melindungi anak-anak secara menyeluruh di wilayah ini.

Tujuan utama dari upaya bersama dalam mencegah eksploitasi anak di Kemutug Lor adalah menciptakan lingkungan yang aman bagi tumbuh kembang anak-anak, di mana hak-hak mereka dihormati dan dilindungi dengan baik. Seluruh stakeholder terus bekerja keras untuk memperkuat perlindungan anak dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu ini. Dengan kerja sama yang erat, eksploitasi anak di Desa Kemutug Lor dapat benar-benar teratasi.

  1. Pertanyaan Umum: Menghadapi Tantangan Besar dalam Mencegah Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

  2. FAQ (Tanya Jawab) Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama dalam Mencegah Eksploitasi Anak di Kemutug Lor

  3. 1. Apa artinya eksploitasi anak?

  4. Eksploitasi anak adalah tindakan yang menjadikan anak sebagai objek kemudahan, pemanfaatan, dan penyalahgunaan, baik secara fisik, emosional, atau seksual demi keuntungan pribadi ataupun orang lain. Tindakan ini dapat meliputi perdagangan manusia, paksaan kerja anak, eksploitasi seksual, atau penyalahgunaan anak dalam kegiatan yang berpotensi merugikan mereka baik secara fisik maupun sosial.

  5. 2. Bagaimana cara mengenali tanda-tanda eksploitasi anak di Kemutug Lor?

  6. Beberapa tanda-tanda eksploitasi anak di Kemutug Lor yang dapat diobservasi antara lain adalah perubahan penampilan fisik anak yang kurang terawat, penurunan kesehatan baik secara fisik maupun mental, hilangnya minat terhadap pendidikan, perilaku agresif atau penarikan diri yang berlebihan, serta ketidakhadiran mereka dalam kegiatan sosial yang layak mereka ikuti. Apabila Anda menemukan tanda-tanda tersebut pada anak-anak di sekitar Anda, penting untuk segera melaporkannya kepada pihak yang berwenang atau lembaga yang bertanggung jawab.

  7. 3. Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah eksploitasi anak di Kemutug Lor?

  8. Mencegah eksploitasi anak membutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak. Terdapat beberapa langkah yang dapat diambil, seperti meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai persoalan eksploitasi anak, memberikan pendidikan kepada anak-anak dan orang tua mengenai hak-hak yang mereka miliki, memperhatikan layanan kesehatan anak yang berkualitas, serta menjalin kerja sama dengan pihak yang berwenang dalam memperkuat hukum dan penegakan hukum terkait masalah eksploitasi anak.

  9. 4. Apakah ada lembaga atau organisasi yang berperan dalam mencegah eksploitasi anak di Kemutug Lor?

  10. Ya, ada beberapa lembaga dan organisasi yang terlibat aktif dalam upaya pencegahan eksploitasi anak di Kemutug Lor. Contohnya adalah organisasi non-pemerintah seperti Save the Children atau Yayasan Pulih yang fokus pada perlindungan anak. Selain itu, pemerintah juga membentuk program dan lembaga seperti Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan yang berperan aktif dalam mencegah eksploitasi anak di wilayah tersebut.

Ayo Dukung Kemajuan Desa Kemutug Lor dengan Membagikan Informasi ini!

Perluas Jangkauan Website Desa Kemutug Lor dan Tingkatkan Kunjungan Orang

Website Desa Kemutug Lor di www.kemutuglor-baturraden.desa.id memiliki berbagai informasi menarik seputar potensi dan kehidupan desa kami. Namun, agar lebih banyak orang yang mengunjunginya, kami membutuhkan dukungan dari Anda.

Ayah, Ibu, Sahabat, dan semua warga masyarakat, kami mengajak Anda untuk menjadi bagian dari perubahan positif di Desa Kemutug Lor dengan membagikan tulisan ini kepada keluarga, teman, dan rekan kerja Anda. Mari bersama-sama memperluas jangkauan website kami agar informasi tentang desa kami dapat lebih dikenal dan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat.

Dalam website ini, Anda akan menemukan beragam informasi menarik tentang kegiatan masyarakat, potensi wisata, produk unggulan, dan perkembangan infrastruktur Desa Kemutug Lor. Dengan lebih banyak pengunjung yang datang, kami akan semakin termotivasi untuk mengembangkan desa ini menjadi lebih baik.

Mari bergabung dalam perjalanan menuju kemajuan Desa Kemutug Lor! Dengan membagikan informasi ini, Anda turut berperan aktif dalam mempromosikan desa kami dan mendukung upaya pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, sebarkan kabar baik ini kepada semua orang yang Anda kenal. Mari bersama-sama mewujudkan potensi desa kami dan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat. Ajak mereka untuk mengunjungi website Desa Kemutug Lor dan menjadi saksi perubahan yang kami ciptakan bersama!

Menghadapi Tantangan Besar: Upaya Bersama Dalam Mencegah Eksploitasi Anak Di Kemutug Lor