+62 878-6274-7444

info@webpanda.id

Permohonan Online

Anda dapat mengajukan secara permohonan online

Produk Warga

Jelajahi produk lokal buatan dari para warga kami untuk Anda

Lapor/Aduan/Saran

Anda dapat melaporkan aduan dan memberi saran maupun kritik

Desa Kemutug Lor: Surganya Wisata di Lereng Gunung Slamet

Desa Kemutug Lor, yang terletak di Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, merupakan sebuah desa wisata yang menawarkan keindahan alam dan kearifan lokal yang kaya. Terletak di bawah lereng Gunung Slamet, desa ini menawarkan pengalaman liburan yang unik dan berbeda.

Berada di sekitar hutan lindung lereng Gunung Slamet, Desa Kemutug Lor memiliki keindahan alam yang masih asli dan alami. Pepohonan hijau yang rimbun, udara segar yang menyegarkan, serta suara burung bernyanyi akan menyambut para pengunjung yang datang. Hal ini menjadikan desa ini tempat yang sangat cocok untuk Anda yang ingin melarikan diri dari kepenatan kota dan menikmati ketenangan alam.

Desa Kemutug Lor juga menawarkan berbagai atraksi budaya yang akan memperkaya pengalaman wisata Anda. Dalam mengunjungi desa ini, Anda dapat melihat dan merasakan kehidupan masyarakat lokal yang masih sangat menjunjung tinggi kearifan lokal. Anda dapat melihat upacara adat, seperti pernikahan adat dan penggunaan barang-barang tradisional dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, desa ini juga memiliki berbagai objek wisata religi yang layak untuk dikunjungi. Tempat-tempat ibadah, seperti pura dan vihara, menjadi alternatif destinasi wisata religi yang menarik. Anda dapat merasakan kedamaian dan ketenangan saat berada di tempat-tempat ini, serta mempelajari lebih lanjut mengenai kebudayaan dan keagamaan yang ada di desa ini.

Tak hanya itu, Desa Kemutug Lor juga dikenal dengan kekayaan kuliner dan kerajinan lokalnya. Anda dapat mencicipi masakan khas daerah ini yang menggunakan bahan-bahan alami dan cita rasa yang autentik. Kuliner-kuliner tersebut akan menggugah selera dan meninggalkan kenangan tak terlupakan dalam perjalanan wisata Anda.

Sementara itu, kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat Desa Kemutug Lor juga memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Anda dapat melihat proses pembuatan kerajinan tersebut dan membelinya sebagai oleh-oleh khas dari desa ini. Dengan ini, Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman berwisata yang menyenangkan, tetapi juga dapat memberikan dukungan kepada masyarakat setempat.

Bagi Anda yang menyukai petualangan dan kegiatan alam, Desa Kemutug Lor adalah tempat yang tepat. Anda dapat melakukan trekking di sekitar hutan lindung Gunung Slamet untuk menikmati keindahan alam yang memukau. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti camping atau bersepeda gunung yang akan membuat liburan Anda menjadi lebih seru dan berkesan.

Dengan segala daya tariknya, Desa Kemutug Lor merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di wilayah Baturraden. Keindahan alamnya yang masih alami, kearifan lokal yang kaya, atraksi budaya yang menarik, serta kedamaian yang tersimpan di tempat-tempat religi, semuanya akan membuat liburan Anda menjadi tak terlupakan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Desa Kemutug Lor dan rasakan keindahan serta kearifan lokal yang ditawarkan oleh desa ini. Temukan pengalaman liburan yang berbeda dan tak terlupakan di tengah pesona alam Gunung Slamet!

Also read:
Pemberdayaan Perempuan Desa Kemutug Lor
Konservasi Air Desa Kemutug Lor

Mengenal Desa Kemutug Lor: Apresiasi Terhadap Lingkungan dan Kebersihan

Desa Kemutug Lor

Pengenalan

Terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Desa Kemutug Lor semakin dikenal dengan kebijakan konsumsinya yang berorientasi pada lingkungan. Dalam upaya mendorong kebersihan di setiap sudut desa, masyarakatnya mengambil langkah-langkah konkret yang berdampak positif bagi lingkungan.

Pola Konsumsi Ramah Lingkungan

Desa Kemutug Lor telah mengadopsi pola konsumsi ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan non-daur ulang atau tidak dapat terurai secara alami. Salah satu langkah berarti yang diambil adalah pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dengan menggantinya dengan wadah makanan berbahan daun pisang atau jati yang ramah lingkungan. Mereka juga aktif dalam mengolah sampah organik menjadi kompos yang kemudian dimanfaatkan sebagai pupuk penyubur tanah di pertanian lokal.

Kebersihan yang Begitu Hemat

Desa Kemutug Lor mengelola sampah secara terpadu dengan menempatkan tempat pengelolaan sampah di setiap sudutnya. Masyarakat desa dilibatkan dalam proses pemilahan dan pengolahan sampah organik serta non-organik. Mereka memahami pentingnya mencuci dan mengeringkan sampah sebelum membuangnya dengan benar. Sistem pengelolaan sampah yang teratur dan efisien membuat Desa Kemutug Lor menjadi tempat yang bersih dan sehat.

Partisipasi Masyarakat dalam Pembersihan Lingkungan

Masyarakat Desa Kemutug Lor juga aktif dalam kegiatan pembersihan lingkungan. Mereka menjalankan aksi kerja bakti secara berkala untuk membersihkan selokan, jalan, dan taman-taman di sekitar desa. Semangat partisipatif yang tinggi ini menjadikan Desa Kemutug Lor sebagai contoh nyata akan kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan.

Melalui kebijakan konsumsi ramah lingkungan, pengelolaan sampah yang baik, dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembersihan lingkungan, Desa Kemutug Lor menjadi bukti nyata bahwa kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan bisa diwujudkan secara nyata. Desa ini telah menciptakan sebuah lingkungan yang indah dan bersih, yang patut dipuji dan dicontoh oleh daerah lain.

Polusi Lingkungan di Desa Kemutug Lor Berkurang Melalui Pola Konsumsi Berkelanjutan

Fokus pada Pola Konsumsi Ramah Lingkungan

Desa Kemutug Lor, yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, telah memprioritaskan pola konsumsi ramah lingkungan sebagai upaya untuk mendorong kebersihan di setiap sudut desa. Desa ini menyadari potensi dan keunikan yang dimiliki, yang menjadi dasar bagi mereka dalam menerapkan pola konsumsi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Desa Kemutug Lor adalah daerah pedesaan dengan mayoritas penduduknya berkecimpung dalam sektor pertanian. Masyarakat desa sangat bergantung pada sumber daya alam yang ada, seperti pertanian, perkebunan, dan peternakan. Mereka sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan alam sekitar mereka agar tetap lestari dan berkelanjutan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut.

Selain kegiatan pertanian, Desa Kemutug Lor juga memiliki kekayaan alam yang menarik, seperti hutan, sungai, dan air terjun. Masyarakat desa menyadari pentingnya menjaga keindahan alam ini sebagai potensi wisata yang dapat mendukung perekonomian mereka. Oleh karena itu, pola konsumsi ramah lingkungan di desa ini tidak hanya dijalankan oleh masyarakat, tetapi juga melibatkan pemerintah dan sektor pariwisata setempat.

Salah satu langkah dalam mendorong pola konsumsi ramah lingkungan di Desa Kemutug Lor adalah dengan mengedepankan penggunaan produk lokal dan organik. Masyarakat desa dianjurkan untuk menghasilkan produk pertanian dan peternakan secara alami, tanpa menggunakan pestisida dan bahan kimia berbahaya. Selain itu, mereka juga didorong untuk mengurangi penggunaan plastik dan memanfaatkan bahan daur ulang yang ramah lingkungan.

Dalam menjaga kebersihan di setiap sudut desa, masyarakat Desa Kemutug Lor secara rutin melaksanakan kegiatan gotong royong. Kegiatan ini membantu membersihkan lingkungan desa, termasuk selokan dan sungai, serta mengumpulkan sampah agar dapat diolah menjadi pupuk kompos. Pemilahan sampah antara organik dan non-organik juga dilakukan untuk memudahkan proses daur ulang.

Dengan menerapkan pola konsumsi ramah lingkungan dan melakukan kegiatan pembersihan rutin, Desa Kemutug Lor berhasil menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan. Masyarakat desa dengan bangga menjaga dan memperindah lingkungan tempat tinggal mereka, sambil tetap menjaga keberlanjutan sumber daya alam yang ada.

Pola Konsumsi Ramah Lingkungan: Mempromosikan Kebersihan di Setiap Sudut Desa Kemutug Lor

Gambar Desa Kemutug Lor

Pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap alam dan mengurangi jejak karbon. Di Desa Kemutug Lor, pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kebersihan di setiap sudut desa.

Signifikansi pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan dapat dilihat dari usaha untuk mengurangi, mengelola, dan memilih sumber daya dengan bijak dalam aktivitas sehari-hari. Di desa ini, penanganan sampah menjadi prioritas utama. Desa Kemutug Lor telah berhasil melaksanakan sistem pengelolaan sampah yang efektif, misalnya dengan mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk kompos yang digunakan untuk pertanian di desa.

Tidak hanya itu, penggunaan energi terbarukan juga menjadi fokus dalam pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan di Desa Kemutug Lor. Dipasangnya panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik desa telah terbukti berhasil. Tidak hanya mengurangi penggunaan energi fosil, tetapi juga menghemat biaya listrik masyarakat desa.

Pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan memiliki dampak yang positif pada kebersihan desa secara keseluruhan. Melalui program pengelolaan sampah yang baik, lingkungan di Desa Kemutug Lor selalu bersih dan terjaga dengan baik. Setiap bagian desa terawat dengan baik, memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat.

Dengan menerapkan pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan, Desa Kemutug Lor menunjukkan komitmen dan kesadaran akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan. Harapannya, inisiatif ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam menerapkan pola konsumsi yang lebih ramah lingkungan, sehingga hidup harmonis dengan alam sekitar dapat terwujud.

Tujuan Pola Konsumsi Ramah Lingkungan: Mendukung Kebersihan Penuh di Setiap Sudut Desa Kemutug Lor

Gambar

Pola gaya hidup konsumsi yang ramah terhadap lingkungan, di Desa Kemutug Lor yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, memiliki tujuan utama yang sangat penting. Salah satu tujuan pokok pola konsumsi ini adalah untuk menggalakkan kebersihan penuh di seluruh area desa.

Dengan melaksanakan pola konsumsi yang peduli terhadap lingkungan, masyarakat di Desa Kemutug Lor diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah dan limbah yang dihasilkan setiap harinya. Dengan cara mengurangi penggunaan bahan-bahan yang tidak dapat terurai dengan mudah oleh alam, seperti bahan plastik sekali pakai dan bahan kimia yang merugikan, akan berdampak positif pada kelestarian lingkungan sekitar.

Selain itu, pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan juga bertujuan untuk mengubah paradigma masyarakat terhadap sampah. Harapannya adalah agar masyarakat memiliki kesadaran yang lebih tinggi dalam memilah sampah dan melakukan daur ulang. Dengan kesadaran ini, sampah yang memiliki nilai ekonomi dapat diolah menjadi produk bernilai tinggi dan memberikan manfaat bagi penduduk desa.

Pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan juga menekankan pentingnya penggunaan energi yang hemat dan diperoleh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Dengan memanfaatkan sumber energi yang ramah lingkungan, seperti tenaga surya dan angin, Desa Kemutug Lor dapat mengurangi dampak negatif bagi lingkungan dan mempercepat peralihan menuju masyarakat yang berkelanjutan.

Dengan mengadopsi pola konsumsi yang ramah terhadap lingkungan, Desa Kemutug Lor berharap dapat menjadi contoh yang baik untuk desa-desa lain dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan secara menyeluruh. Dengan mendorong kebersihan di setiap sudut desa, diharapkan masyarakat dapat hidup dalam harmoni dengan alam dan menjaga bumi sebagai tempat tinggal mereka untuk generasi mendatang.

Manfaat Pola Konsumsi Bertanggung Jawab Terhadap Lingkungan: Meningkatkan Kebersihan di Setiap Sudut Desa Kemutug Lor

Gambar Pola Konsumsi Ramah Lingkungan

Konsumsi yang ramah lingkungan memiliki manfaat yang luar biasa dalam menjaga kebersihan di setiap penjuru Desa Kemutug Lor. Pola konsumsi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan tidak hanya memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan warga, tetapi juga berkontribusi pada lingkungan yang bersih dan sehat.

Salah satu keuntungannya adalah pengurangan jumlah sampah di Desa Kemutug Lor. Dengan menerapkan pola konsumsi yang ramah lingkungan, masyarakat didorong untuk menggunakan barang-barang yang tahan lama dan menghindari produk-produk sekali pakai berbahan plastik. Hal ini akan mengurangi akumulasi sampah plastik yang tidak mudah terurai dan mengancam ekosistem. Selain itu, pengelolaan sampah menjadi lebih efisien karena jumlah sampah yang dihasilkan berkurang secara signifikan.

Pada tingkat yang lebih luas, pola konsumsi yang ramah lingkungan juga meningkatkan kebersihan dan sanitasi di Desa Kemutug Lor. Dengan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya seperti deterjen kimia dan pembersih yang beracun, air limbah yang dihasilkan akan menjadi lebih aman bagi lingkungan sekitar. Menggunakan produk ramah lingkungan seperti energi terbarukan dan penggunaan air yang efisien juga membantu mengurangi polusi udara dan menjaga kebersihan udara di desa.

Pola konsumsi yang bijaksana juga berperan penting dalam menjaga kualitas lingkungan Desa Kemutug Lor secara keseluruhan. Dengan menggunakan produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan mengurangi dampaknya terhadap alam, desa dapat menjaga keindahan alamnya serta tetap menjaga keberagaman hayati yang ada. Pola konsumsi ini juga dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitarnya untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Dalam upaya mencapai kesehatan dan kesejahteraan yang berkelanjutan, pola konsumsi yang ramah lingkungan memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan dan kelestarian Desa Kemutug Lor. Dengan menerapkannya, desa dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari untuk masyarakat.

Desa Kemutug Lor, yang berlokasi di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, memiliki komitmen yang kokoh dalam menjaga lingkungan dan mendorong pola konsumsi yang peduli terhadap alam. Melalui Program Edukasi dan Pelatihan yang mereka adopsi, desa ini berupaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan di setiap sudutnya.

Program Edukasi dan Pelatihan ini mengajak masyarakat lokal untuk memahami betapa pentingnya pola konsumsi yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui program ini, penduduk desa diberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan, seperti tas belanja kain dan wadah makanan dari bahan daur ulang.

Selain itu, program ini juga memberikan fokus pada pengelolaan sampah. Masyarakat didorong untuk memilah sampah organik dan non-organik serta melakukan proses pengomposan. Setiap penduduk desa diberikan wadah sampah yang jelas penunjukannya, sehingga memudahkan dalam proses pemilahan sampah.

Tidak hanya sampah, kesadaran akan kebersihan juga ditekankan dalam program ini. Penduduk desa diajarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya, seperti membersihkan jalan desa, lahan kosong, atau saluran drainase. Melalui upaya ini, lingkungan desa menjadi lebih sehat dan nyaman untuk ditinggali.

Melalui Program Edukasi dan Pelatihan di Desa Kemutug Lor, pola konsumsi yang ramah lingkungan semakin diterapkan dan dipahami oleh masyarakat. Harapannya, dengan kehadiran program ini, dapat tercipta kebiasaan berkelanjutan dalam menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif konsumsi terhadap alam. Dengan begitu, Desa Kemutug Lor dan komunitasnya akan menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lain dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Pola Konsumsi yang Ramah Lingkungan: Membantu Mempertahankan Kebersihan di Setiap Sudut Desa Kemutug Lor

Infrastruktur dan Aksesibilitas Desa Kemutug Lor

Terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Desa Kemutug Lor memiliki tekad kuat untuk menerapkan pola konsumsi yang ramah lingkungan demi menciptakan kebersihan yang optimal di seluruh sudut desa. Berbagai tindakan telah diambil guna mencapai tujuan tersebut.

Langkah pertama yang diambil oleh Desa Kemutug Lor adalah menyediakan sarana pengolahan sampah yang modern dan efisien. Desa ini telah menghasilkan wadah sampah terpisah, seperti organik dan non-organik, dan mengadopsi sistem daur ulang. Adanya upaya pengelolaan sampah yang efektif ini mendorong kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan kebersihan desa dan lingkungan sekitar.

Selanjutnya, Desa Kemutug Lor juga melaksanakan kampanye dan program edukasi mengenai pentingnya penggunaan sumber energi terbarukan dan penghematan energi. Program ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara dan dampak buruk terhadap lingkungan. Warga desa didorong untuk mengubah pola konsumsi mereka dengan mengadopsi sumber energi seperti lampu hemat energi atau panel surya.

Tidak hanya itu, Desa Kemutug Lor juga memiliki program pertanian organik serta menanam pohon di setiap bagian desa. Dengan membatasi penggunaan pestisida dan mengandalkan pupuk organik, masyarakat desa dapat mendukung keberlanjutan lingkungan sekitarnya. Selain manfaatnya bagi alam, penanaman pohon di seluruh desa juga memberikan keindahan tersendiri pada pemandangan desa.

Dalam upaya mewujudkan visi pola konsumsi yang ramah lingkungan, Desa Kemutug Lor terus melakukan beragam langkah untuk mempertahankan kebersihan di setiap sudut desanya. Melalui pengelolaan sampah yang terorganisir, penerapan energi terbarukan, dan praktik pertanian organik, desa ini menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Gambar Pola Konsumsi Ramah Lingkungan

FAQ (Tanya Jawab) Pola Konsumsi Ramah Lingkungan: Mendorong Kebersihan di Setiap Sudut Desa Kemutug Lor

Apa yang dimaksud dengan Pola Konsumsi Ramah Lingkungan?

Pola Konsumsi Ramah Lingkungan adalah prinsip dan tindakan memilih produk dan layanan yang mempertimbangkan pengaruhnya terhadap lingkungan. Di Desa Kemutug Lor, hal ini termasuk upaya untuk mempromosikan kebersihan dan kelestarian lingkungan di seluruh desa.

Bagaimana cara menerapkan Pola Konsumsi Ramah Lingkungan di Desa Kemutug Lor?

Di Desa Kemutug Lor, Pola Konsumsi Ramah Lingkungan dapat diterapkan melalui beberapa langkah. Pertama, menggantikan kantong plastik sekali pakai dengan tas atau kantong belanja yang dapat digunakan kembali. Selain itu, desa juga bisa menyediakan wadah sampah terpisah dan memastikan proses daur ulang limbah.

Kedua, mendorong praktik pertanian organik dengan menghindari penggunaan bahan kimia seperti pestisida. Desa juga dapat mendukung konsumsi produk lokal dan mengurangi impor makanan, sekaligus mempromosikan pertanian organik yang dilakukan oleh petani setempat.

Apa manfaat dari Pola Konsumsi Ramah Lingkungan?

Penerapan Pola Konsumsi Ramah Lingkungan memiliki manfaat yang signifikan. Pertama, mengurangi penggunaan plastik dan sampah untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Kedua, konsumsi ramah lingkungan juga berkontribusi pada penguatan ekonomi lokal melalui pertanian organik dan mengurangi ketergantungan pada impor.

Tidak hanya itu, Pola Konsumsi Ramah Lingkungan juga membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberikan contoh yang baik bagi generasi mendatang.

Sebagai desa yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Desa Kemutug Lor memiliki potensi besar untuk menerapkan Pola Konsumsi Ramah Lingkungan ini. Dengan keterlibatan masyarakat, pemerintah desa, dan lembaga terkait, Desa Kemutug Lor dapat menjadi contoh sukses dalam mendorong kebersihan dan kelestarian lingkungan di seluruh desa.

Pemerintah Desa Kemutug Lor Mengajak Untuk Memperbanyak Pengunjung Website Desa Kemutug Lor!

Desa Kemutug Lor, sebuah destinasi yang kaya akan potensi dan keindahan alamnya, kini mengajak pembaca sekalian untuk berpartisipasi dalam membagikan tulisan ini kepada lebih banyak orang. Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pesona Desa Kemutug Lor, serta memperluas jangkauan pengunjung, kami, Pemerintah Desa Kemutug Lor, ingin melibatkan Anda dalam mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata yang dimiliki oleh desa kami.

Dengan bantuan Anda dalam menyebarkan informasi ini, kami berharap semakin banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi Desa Kemutug Lor. Melalui pengunjung yang semakin bertambah, diharapkan juga akan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan dan pembangunan desa kami.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari bergabung bersama kami untuk mempromosikan pesona Desa Kemutug Lor ini dengan membagikan tulisan ini kepada keluarga, teman, dan kerabat Anda. Bersama-sama, kita dapat memperkenalkan keberagaman budaya serta memperluas potensi pariwisata yang dimiliki oleh Desa Kemutug Lor. Ayo, sebarkan keindahan desa kami kepada seluruh penjuru! Kunjungi website Desa Kemutug Lor di www.kemutuglor-baturraden.desa.id dan temukan keajaiban yang menakjubkan di dalamnya!

Pola Konsumsi Ramah Lingkungan: Mendorong Kebersihan Di Setiap Sudut Desa Kemutug Lor